Friday, December 7, 2012

Mari Bergabung


Setelah mengetahui apa itu Pengajar Muda, sekarang adalah informasi mengenai bagaimana untuk bergabung bersama para Pengajar Muda. 

Sejak akhir tahun 2010 hingga tahun 2012 ini, Indonesia Mengajar telah menempatkan para Pengajar Muda di 17 Kabupaten di seluruh Indonesia. 

Tahap-tahap yang akan dilewati oleh para calon pengajar muda adalah
1.      Rekrutmen dan Seleksi
Ini merupakan tahap awal dimana para calon pengajar muda membuat akun dan mengisi form online, pada tahap ini para calon pengajar muda akan menuliskan alasan,  tujuan, dan motivasi mereka dalam menjadi pengajar muda di Indonesia mengajar.


2.      Pelatihan
Pelatihan calon Pengajar Muda dilaksanakan secara intensif selama 7 minggu. Materi pelatihan tidak hanya mencakup keterampilan mengajar secara teori dan praktik, tetapi juga hard skill dan soft skill lain yang mendukung, seperti;
·         keterampilan fisik
·         belajar kreatif
·         leadership skill
·         problem solving
·         adaptasi masyarakat
·         advokasi
·         health and safety
·         dan sebagainya.
Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan bekal bagi calon Pengajar Muda dalam melaksanakan tugas mereka di daerah penempatan selama setahun.
Para calon pengajar muda juga dapat mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari di Sekolah Dasar yang terletak di sekitar lokasi pelatihan.

3.      Penempatan & Penugasan
Setelah melewati fase pelatihan, calon Pengajar Muda dinyatakan resmi menjadi Pengajar Muda. Mereka akan bertugas di berbagai pelosok Indonesia selama setahun di sekolah dasar (dapat negeri atau swasta) yang ditentukan bersama dengan Dinas Pendidikan daerah. Proses pemberangkatan Pengajar Muda ke daerah masing-masing dilakukan secara kelompok per daerah, dan secara langsung setelah pelatihan berakhir.

4.      Pasca Penempatan
Setelah menyelesaikan tugas dalam memenuhi janji dan menebar inspirasi selama setahun di daerah pelosok, para Pengajar Muda mendapatkan keleluasaan untuk melanjutkan rencana jangka panjang mereka.
Indonesia Mengajar juga memberikan dukungan sepenuhnya melalui pemberian rekomendasi yang dapat digunakan untuk mengajukan lamaran pekerjaan maupun aplikasi beasiswa studi tingkat lanjut.

Hingga saat ini Indonesia Mengajar telah memiliki 5 angkatan Pengajar Muda yang hingga detik ini masih turut berjuang dalam memanjukan tingkat pendidikan dan mencerdaskan kehidupan anak bangsa di berbagai pelosok daerah Nusantara.


Indonesia Mengajar sangat percaya bahwa kualitas pendidikan sangat terkait erat dengan kualitas tenaga pengajar. Oleh karena itu, gerakan ini menantang generasi muda untuk mengawali karirnya sebagai Pengajar Muda.


So, bagi kamu semua yang gemar mengajar, suka tantangan, menyukai anak kecil, berprestasi baik di universitas kamu, dan turut prihatin dengan kondisi pendidikan Indonesia, mari gabung dengan Indonesia Mengajar ! Dan bersama-sama turut meningkatkan kualitas Pendidikan Indonesia agar lebih cemerlang di masa depan !(Michael Halim)


Sumber : www.indonesiamengajar.org

No comments:

Post a Comment